Ingin berlibur di pulau berpasir putih dan nyaman? Pulau Umang mungkin bisa menjadi salah satu pilihan. Pulau ini terletak di sebelah selatan Ujungkulon, Banten. Untuk mencapai pulau ini Anda harus naik perahu yang telah disediakan. Perjalanan menggunakan perahu ini hanya sekitar 5 menit karena jaraknya yang memang tidak jauh. Pulau ini menyajikan hal-hal yang menarik untuk liburan kita.

Kamis, 03 November 2011

Pantai ko sejuk .. mana ada … ??


Pulau Umang Trip
Pulau Umang
Disini kami ingin share perjalanan kami saat pergi ke pulau umang..
Pulau kecil dan terpencil yang terletak di ujung barat pulau jawa ini (ujung kulon banten) ternyata seru bagus juga..
WikiMapia
Bisa juga lihat di wikiMAPia, klik disini
Awalnya kami tidak berniat untuk jalan-jalan ke pulau terpencil ini, bahkan aku mengira kalo pulau umang ini berada di sekitaran pulau seribu..
Pulau umang ini menurutku  cocok bagi yang ingin pergi bertamasya ke daerah pantai dengan pasir putih yang masih asri, bersih dan sejuk..
Pantai ko sejuk .. mana ada … ?? ya ada dunk kalo pake AC :D
Ga denk beneran disana udaranya masi bersih .. yang kt rasakan sih disana udaranya ga lengket… biasanya kalo kita jalan-jalan dipantai itu biasanya identik dengan angin pantai yang bertiup yang panas n bikin kulit kita lengket.. tapi disana sepanjang kita rasakan ngga tuh..
Pulau umang ini juga cocok untuk para pasangan muda yang ingin ber honeymoon atau sekedar ingin berkumpul bersama keluarga, karena di pulau umang ini akan didapatkan kesan private dan nyaman dengan pelayanan yang lumayan.. ingat bagi kalian yang menginginkan Susana ramai dan banyak penjual asongan / penjual cenramata.. anda tidak akan mendapatkannya disini.. karena disini betul2 private jadi cendramata hanya kita dapatkan di toko yang sudah hotel sediakan, tapi ini juga tidak banyak item yang mereka jual.
Kalo mau liat nuansa pantai disana masih bersih, ga ada sampah..  ya mungkin hal ini disebabkan karena pulau umang ini dimiliki oleh pribadi.. info dari salah satu pegawai disana sih pulau umang ini asalnya Cuma vila saja .. terus akhirnya dibuatlah tempat wisata dengan konsep cottage dan akhirnya dibuka untuk umum
walopun memang area pantainya dibilang kecil hanya ada di cottage yang dinamakan sunset.. ya. Sunset itu si cottage mengarah ke arah terbitnya matahari.. sedangkan yang kami ambil mengarah kearah sunrise jadi ga ada pantainya.. hanya ada gajebo di depan aja.. gajebo ini fungsinya selain buat nongrkong2 akan tetapi buat yang ingin di pijit and SPA
Pertama kali  kita dateng kesana niatnya mau berburu umang, tapi ternyata pas kita dateng kesana .. kita tidak melihat umang yang berkeliaran.. info dari salah satu pegawai disana sih katanya umang keluar kalo malam hari.. wow.. karena kami malas untuk berburu malam hari jadinya kita putuskan untuk tidak berburu umang :D .. tapi ternyata kami sempat melihat juga umagn yang berkeliaran siang2.. yaitu adanya di pulau OAR.. pulau kecil tetanggannya pulau umang tempat kita bermain snorkeling..
Bagi kalian yang ingin pergi kesana ada beberapa tips dan info dari kami yakni :
Kelebihan dari pulau umang :
  • Bersih, private, sejuk, pelayanan lumayan, makanan lumayan,
  • Fasilitas free : kolam renang, gajebo, jaguchi, karoke masal, volley pantai, lapangan footsal,
  • Fasilitas berbayar : games (snorkeling, banana boat, speed boat, fishing)
  • Ada fasilitas gedung pertemuan yang bisa digunakan untuk resepsi
Kekurangan dari pulau umang:
  • Area pantai pasir putih tidak luas, kebayakan karang
  • Pulau nya terlalu kecil
  • Sulit diakses karena lokasinya sangat jauh, kendaraan umum terbatas oleh waktu dan tidak ada kendaraan umum yang bagus.. dan jika menggunakan kendaraan pribadi siap2 anda akan mengalami perjalanan selama 7-9 jam dengan kondisi jalan yang sempit dan sepanjang jalan kebun dan rumah penduduk (jarang fasilitas umum)
Persiapan bila ingin ke pulau umang :
  • Siapkan uang cash secukupnya karena disana tidak ada ATM dsb
  • Siapkan fisik dan mental karena perjalanan sangat jauh..
  • Siapkan pakaian secukupnya sesuai dengan kondisi disana
  • Siapkan camera untuk dokumentasi
  • Jika anda pergi bersama teman2 atau keluarga siapkan games/ acara yang akan dilakukan disana
  • Jika anda ingin kesana menggunakan kendaraan umum maka anda bisa naik kendaraan sebagai berikut :
Asumsi anda pergi dari Jakarta :
Dari rumah menuju Kp.Rambutan (naik bis AC ekonomi seat 2-3 ke arah Serang) ongkos + Rp.18.000 pastikan anda pergi subuh agar bisa sampe jam 5 atau 6.30 pagi sehingga anda bisa naik bis yang pertama kali di kp.rambutan,
Sampai di terminal serang sekitar pukul 8:00 pagi.. lalu naik mobil elp (Mikro) yang jurusan ke  SUMUR dengan ongkos sekitar Rp.30.000/orang (karena kami sempat tertipu dikenakan biaya Rp.50.000 /orang).. kalo seandainya si mikro mini tadi tidak bersedia sampai ke SUMUR dan anda diturunkan di pasar Cibaliung maka ongkosnya minta dikurangi.. karena dari Cibaliung menuju sumur mesti naik angkot lagi dengan ongkos Rp.7000,-.. nanti setelah pemberhentian angkot anda harus naik ojeg lagi menuju kantor umang resport & spa ongkosnya sekitar Rp.2000- Rp.5000,-
Estimasi waktu perjalanan Pergi adalah sbb :
Kp.Rambutan – Serang [2.5 jam] Rp.18.000
Terminal Serang – Cibaliung [4-5 jam] Rp. 25000-30.000
Cibaliung – Sumur [ 1-1.5 jam] Rp.7000
Sumur – Lokasi via Ojeg [10 menit] Rp.5000
Itu jika perjalanan menggunakan angkutan umum yang terpotong2, sebetulnya ada juga disana angkutan DAMRI (kopaja) dari Terminal Serang sampai lokasi , akan tetapi karena bis nya Cuma 1 jadinya jika kita pergi dari Jakarta ga akan ke kejar waktunya.. enaknya naik damri  untuk perjalanan pulangnya saja karena Damri akan melewati kantor pulau umang sekitar jam 13:00 – 13:30 jadi pastikan anda cek out diusahakan jam 12:00 siang yah.. sedangkan ongkosnya sekitar Rp.30.000
Terus dipastikan anda berangkat subuh ya.. karena angkutan disana terbatas oleh waktu.. siang sedikit mereka sudah tidak beroperasi lagi.. sayang kan  ;)
klo ingin praktis lg,pulau umang jg menyediakan transportasi khusus tamu..
Kegiatan yang dapat dilakukan di pulau umang :
Ada berbagai kegiatan yang bisa kita lakukan disana yakni : dengan adanya fasilitas diatas kita dapat melakukan aktifitas sbb :
(Fasilitas free : kolam renang, gazebo, jakuzi, karoke masal, volley pantai, lapangan footsal)
Fasilitas berbayar : games (snorkeling, banana boat, speed boat, fishing)
Atau sekedar foto2 ngambil moment sunset dan sunrise.. ato sekedar duduk2 di gazebo..
Kalo kita kemarin main2 snorkeling di pulau oar.. harganya sekitar 60.000/orang ini sudah termasuk biaya naik kapal ke pulau oar tsb.
Sayangnya disana kita ga bisa masak-masak karena tidak ada dapur dan tidak diperbolehkan membawa makanan dari luar.. jadi makannya harus dari hotel.. tetapi tenang aja.. kalo kita bisa menyembunyikan makanan kecil2 ga masalah ko .. J so kalo kita Cuma mau makan pop mie ya tinggal seduh saja..
oya, sebelum ke sana reservasi dulu, mengingat tempatnya terbatas, cuma 60 kamar. kalau bisa jangan pergi waktu weekend soalnya harganya beda jauh.
info harga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar